Breaking News

Sidoarjo yang makmur, gemah ripa loh jinawi, sangat diminati masyarakat untuk tinggal di wilayah ini. Apalagi Sidoarjo diapit oleh dua sungai sehingga disebut kota Delta, kaya akan sumber air, sehingga memungkinkan semua tanaman hidup dengan subur. Karena Sidoarjo bersebelahan dengan kota propinsi, maka Sidoarjo merupakan barometer stabilitas politik, pertahanan dan keamanan di Jawa Timur, maka kamtibmas sangat diperhatikan oleh semua pihak. Perkembangan kebijakan dan strategi pimpinan Polri tentang Polmas (Perpolisian masyarakat) sebagai tindak lanjut dari SKEP KAPOLRI No. Pol. : SKEP / 737 X / 2005. Program ini ditujukan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat agar masyarakat terdorong / termotivasi bekerjasama dengan kepolisian dalam membantu tugas pokok kepolisian untuk menciptakan kamtibmas ( keamanan dan ketertiban masyarakat )

PADA dasarnya Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.
 
Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota FKPM untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya.

Visi
Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri mempunyai visi menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanaan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Misi
Membangun kesadaran serta memperluas peran masyarakat dalam ikut membantu pemerintah dan Polri guna menciptakan negara yang aman, tenteram dan damai serta terciptanya keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.

Tujuan
Memasyarakatkan kamtibmas, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas serta merupakan wujud partisipasi dalam pembinaan kamtibmas.

Lingkup Kegiatan
Sebagai Mitra Polri, Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada.

Pengurus
Susunan pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo Sesuai dengan surat keputusan pengurus pusat Senkom Mitra Polri Nomor : KEP-169 / PP.SK-MP / III / 2007, Masa Bhakti 2007-2012 adalah sebagai berikut :

Dewan Pembina

Ketua
H. Djoko Sayono, SE, SH, MH

Sekretaris
H. Abdurahman

Anggota
H. Willy Wijanarto

Pengurus Daerah 
Ketua
H. Agus Mintono, SMB

Sekretaris
Sulton Fahmi Hidayat, SH
Suhariyanto

Bendahara
Aris Dwi Irawan
Ismail

Seksi Diklat dan OKK
Drs. Rusdi Faizal

Seksi Penegak Ketertiban
M. Iswanto

Amir Imamudin Tabah

Seksi Pengendali Komunikasi
Yusuf Mariyono
Yerik Sahuri

Seksi Operasional
Sulthon Fahmi H
Budi Supriyono

Seksi Teknis
Anwar Wibowo ST
Aristagfarandy

Legalitas
Terdaftar BAKESBANGLINMAS Sidoarjo
No. 200/404.4.4/IX/2008

Sekretariat
Jl. Jatisari Permai VIII Blok K – 21 Waru Sidoarjo
Phone 031 70972487
Fax. 031 8540068
 
Call Center
031 7086 4200

email
senkomsidoarjojatim@gmail.com




Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.