Breaking News

BPBD Jatim Paparkan Managemen Bencana Di Raker Senkom Jatim

Senkomsidoarjo.org | News Senkom, Surabaya (17/3/2019). Provinsi Jawa Timur sangat mungkin berpotensi terjadi bencana. Hal tersebut di sampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur Drs. Bambang Agus Legowo di hadapan 250 peserta Pengukuhan Pengurus dan Rapat Kerja Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur di Gedung Mahameru Polda Jatim.

"Sesuai kajian resiko bencana yang dilakukan oleh BNPB 2016 -2020, Jawa Timur ini memang ada 12 ancaman bencana salah satunya ada banjir, banjir bandang, tanah longsor, epidemi dan wabah penyakit, letusan gunung berapi, cuaca extrim, tsunami serta kebakaran hutan dan lahan. Maka kalau dipetakan di Jawa Timur yang terdiri dari 38 kota/kabupaten yang potensi tinggi untuk banjir itu ada 22 kabupaten, karena di Jawa Timur ada 7 sungai besar.seperti yang terjadi beberapan bulan lalu di Banyuwangi tepatnya di Desa Alas Malang" terangnya.

"Jika terjadi bencana maka otomatis gubernur akan menjadi Komando Satgas darurat bersama Pangdam dan Kapolda menjadi wakil Komandan Satgas . artinya Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berupaya mengantisipasi segala macam bencana tersebut dengan bentuk penanggulangan. Seperti peningkatan koordinasi yang dimana pelaporan lewat media sosial maupun radio, adanya didirikan posko yang dekat dengan area rawan bencana dan bahkan Senkom jatim yang pertama kali membentuk Forum Relawan Bersama," lanjutnya

Jawa Timur juga merupakan daerah rawan gempa bumi , karena berdekatan dengan jalur pertemuan lempeng tektonik, lempeng Indo - Australia dan sebagian besar kawasan pesisir pantai di Jawa Timur rawan terlanda Tsunami. Namun demikian harapan kita aman dan siap selamat.  (Cak_Bejo)

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.