Breaking News

Senkom Siap Menjaga Kamtibmas Selama Tahun Politik

Senkomsidoarjo.org | Jakarta, (5/12/2018). Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), merupakan hari-hari yang “panas”. Kontestasi Pemilu 2019 tersebut, menyebabkan perdebatan sengit antara dua kubu di dunia maya. Imbasnya, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) rentan terganggu.

“Kami berharap Pemilu 2019 berjalan dengan damai dan aman, meskipun masyarakat Indonesia terbelah hanya dua pilihan. Hal itu mengakibatkan friksi di dalam masyarakat yang berpotensi mengganggu Kamtibmas,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri H. M. Sirot. 

Potensi gangguan Kamtibmas inilah yang mendorong PP Senkom Menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Asrama Haji, Pondok Gede, pada 5-6 Desember 2018. 

Dalam Rakernas ini, PP Senkom mengangkat tema: “Senkom Untuk NKRI: 14 Tahun Senkom Mitra Polri; Pemberdayaan, Partisipasi, dan Penguatan Kapasitas.” Tema ini relevan dengan kondisi bangsa selaras dengan usia dan kedewasaan Senkom dalam sumbangsihnya kepada masyarakat, bangsa dan negara, “Senkom dalam pengabdiannya kepada NKRI ada dalam tiga cluster, Kamtibmas, Kebencanaan, dan Bela Negara,” papar H. M. Sirot.

Di bidang Kamtibmas, Senkom bekerja sama dan berkoordinasi dengan Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polsek, sesuai dengan wilayahnya. Mereka bersama-sama dengan kepolisian  menjaga keamanan dan ketertiban, dengan menginformasikan berbagai permasalahan di tengah-tengah masyarakat untuk segera ditindaklanjuti pihak kepolisian. 

Senkom kerap pula bekerja sama dengan kepolisian menjaga tempat-tempat ibadah dalam perayaan hari besar agama.
Senkom juga menyediakan posko-posko mudik, yang merupakan kegiatan tahunan di seluruh Indonesia. Di posko-posko tersebut, warga bisa beristirahat, memperbaiki masalah kendaraan yang ringan, hingga mencicipi hidangan sebelum meneruskan perjalanan.

Sementara di wilayah bencana, Senkom bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di tingkat pusat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD). Salah satu yang terbaru, saat bencana gempa dan tsunami di Palu pada 28 September 2018 lalu, Senkom melakukan langkah strategis bekerja sama dengan pihak-pihak terkait memulihkan komunikasi. 

Senkom dalam bencana itu juga membantu SAR mengevakuasi korban dan mengamankan bantuan untuk para korban.
“Sementara dalam kegiatan bela negara, Senkom merupakan bagian dari komponen cadangan pertahanan negara dalam UU Pertahanan Negara,” papar H. M. Sirot. 

Dalam bela negara, Senkom bekerja sama dengan Kodam dan Kodim, di wilayah anggota Senkom berada. Menurut H. M. Sirot, untuk menguatkan tiga cluster tersebut Senkom menggelar berbagai pelatihan penunjang, untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuang setiap anggota Senkom, agar semakin profesional di bidangnya.  

Rakernas Senkom ini diikuti sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari dewan pembina, pengurus PP dan panitia, pengurus provinsi, pengurus kabupaten kota, perwakilan pemuda Senkom, serta undangan-undangan lainnya.

“Acara ini juga merupakan tindak lanjut dari Munas Senkom untuk menetapkan program prioritas, peraturan organisasi (PO), dan kebijakan organisasi selaras dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, serta menetapkan rekomendasi untuk diberikan kepada instansi terkait,” Sekjen PP Senkom H. Arif Nurokhim.

Sekilas Tentang Senkom Mitra Polri
SENKOM Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU Nomor 2 tahun 2002 Bab I pasal 3 ayat 3c tentang Pengembangan Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang bertumpu pada sistem Pengamanan Swakarsa (Pamswakarsa). Pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok masyarakat sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri yang didukung oleh para purnawairawan TNI/Polri.

Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nomor: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota FKPM untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya.

DOWNLOAD MEDIA RAKERNAS SENKOM MITRA POLRI 2018 KLIK DISINI
Sumber senkom jatim

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.