Breaking News

Senkom Sidoarjo Yang Tergabung Dalam Bela Negara Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Ke 73 Di Grahadi Surabaya


Senkomsidoarjo.org | "Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sambutan di Kemenlu, Jakarta, Jumat (1/6/2018). 


Presiden berpendapat, Pancasila merupakan berkah terindah bagi masyarakat Indonesia. Para pendiri bangsa sudah bermusyawarah untuk menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa yang terdiri atas 714 suku dan 1.100 bahasa.

Ia melanjutkan, negara tengah berproses untuk menjadi masyarakat majemuk yang seringkali menimbulkan risiko intoleransi, ketidakbersatuan, dan intoleransi. Menurut Presiden, Indonesia harus mengambil peran dalam upaya dunia yang berproses menjadi bhineka dan bersatu. 

"Saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber-Bhinneka Tunggal Ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," kata Presiden. 

Presiden mengajak ulama, tokoh agama, ustaz, guru, politikus dan seluruh elemen bangsa bersatu untuk membawa bangsa lebih baik dan terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila. (Dikutip dari Hari Lahir Pancasila )

Dalam hal ini keberadaan Senkom sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, maka Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo yang tergabung dalam Bela Negara, turut serta hadiri undangan Upacara Hari Lahir Pancasila ke 73 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, tadi pagi Jum'at 01 Juni 2018

Pancasila tidak boleh hanya menjadi jargon, Pancasila tidak bisa hanya menjadi lambang (symbol), tetapi Pancasila harus hadir ditengah masyarakat menjadi daya dorong, daya gerak dan inspirasi untuk hadirnya cultural citizenship dan public goods sehingga menjadi milik semua warga negara, bukan hanya satu golongan saja.


"Pancasila harus menjadi ideologi yang hidup dan menghidupkan. lnilah tantangannya!"




Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.