Breaking News

Wagub Jatim Tangani Langsung Masalah Perahu Tambang Di Balongbendo


Senkomsidoarjo.org | News Senkom, Selasa 18 April 2017 pukul 13.30 Wib s/d pukul 16.30 Wib bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Balongbendo Sidoarjo Jl. Mayjen Bambang Yuwono Balongbendo telah dilaksanakan rapat koordinasi dalam rangka penanganan perahu tambang bersama Wakil Gubernur Jatim yang diikuti sekitar 100 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf
2. Kadishub Provinsi Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi MT
3. Kepala BPBD Provinsi Jatim Drs. Sudarmawan MM
4. Kadis PU pengairan Provinsi Jatim
5. Kepala BBWS Brantas Bpk. Darwanto
6. Kadis Sosial Provinsi Jatim
7. Direktur Perum Jasa Tirta Bapak Taufiqurahman
8. Kepala UPT Pengairan Trosobo
9. Bupati Sidoarjo yang diwakili Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo
10. Camat Balongbendo Puguh Santoso SE. MM
11. Kapolsek Balongbendo Kompol Sutriswoko SH
12. Danramil 0816/10 Balongbendi Kapten Arm Yas'an
13. Forkopimka Kecamatan Wringinanom
14. Tomas dan Toga Se Kecamatan Balongbendo

Adapun rangkaian giat sebagai berikut :
Pukul 13.30 wib Wakil Gubernur Jatim tiba kantor Kecamatan Balongbendo

Pukul 13.40 wib Ucapan Selamat datang dari Camat Balongbendo kemudian Sambutan yang intinya terima kasih atas kehadiran Bapak Wakil Gubernur Jatim

Pukul 13.45 wib Sambutan dan paparan Wakil Gubernur Jatim yang intinya sebagai berikut :

a. Ukuran kita dengan masyarakat beda tentang penyeberangan tradisional, kita anggap bahaya akan tetapi masyarakat menganggap biasa.

b. Penyeberangan sungai harus berijin

Pukul 14.00 wib sambutan Kadishub Provunsi Jawa Timur yang intinya sebagai berikut :

a. Tidak semua titik-titik tambang tali tersebut dapat dibangun jembatan.

b. Untuk bangun jembatan harus ijin Balai Besar Brantas.

c. Wajib dilaksanakan sosialisasi keselamatan angkutan sungai

Pukul 14.15 wib sesi tanya jawab

a. Kades Singkalan : Mohon untuk inspeksi jembatan Desa Singkalan penghubung antara Kecamatan Balongbendo Sidoarjo dengan Kecamatan Canggung kabupaten Mojokerto karena kurang perawatan serta usia dan kapasitas beban tonase jembatan

b. Kades Penambangan : Menanyakan sampai kapan penutupan perahu tambangan serta kalaupun dibutuhkan ijin dinas perijinan mana yang menangani mengingat pentingnya perahu tambangan untuk aktivitas perekonomian serta niaga di pasar Surungan Desa Penambangan.

c. Kades Bogempinggir meminta agar segera dibangun jembatan untuk penghubung antar kecamatan Balongbendo dan kecamatan Wringinanom karena banyak pekerja pabrik maupun masyarakat umum lainya yang membutuhkan.

Jawaban Wakil Gubernur Jatim sebagai berikut :

1). Akan secepatnya mengutus tim untuk menginspeksi jembatan yang ada di Desa Singkalan dengan Jetis, jembatan obil penghubung Desa Kedung Sukodani Sidoarjo dan Perning Mojokerto

2). Membentuk tim agar secepatnya mendata spesifikasi / dimensi perahu tambang serta kelayakan untuk operasional serta alat-alat penunjang keselamatan penarik perahu tambang serta penambang perahu misalnya Ban pelampung dan rompi pelampung penumpang serta papan penunjuk batas penumpang perahu tambangan. jika memenuhi kelayakan maka perahu diperbolehkan untuk beroperasional kembali dan diperbolehkan beroperasi jika debet sungai di bawah 100 m3 serta akan diadakan inspeksi rutin +- 6 bln sekali oleh instansi terkait.

3). Rencana pembangunan jembatan akan segera di realisasikan oleh Prov. Jatim maupun dari pemerintah pusat dan untuk lokasi akan ditentukan bersama sama setelah berkordinasi antara Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Gresik.

Pukul 15.45 wib rapat selesai, acara dilanjutkan dengan Wakil Gubernur beserta rombongan meninjau salah satu perahu yang dinilai layak untuk beroperasional karena memiliki dimensi yang pas serta spesifikasi bahan pembuatan perahu yang bagus yang bertempat di Dusun Sudimoro Desa Jeruk legi RT 03 RW 01 Kecamatan Balongbendo yang menghubungkan Desa Jeruk legi Kecamatan Balongbendo dengan Desa Lebani waras Kecamatan Wringinanon Kabupaten Gresik.

Pukul 15.55 wib  Wakil Gubernur beserta rombongan tiba di tempat perahu tambangan di Dusun Sudimoro Desa Jeruk legi Kecamatan Balongbendo untuk tinjau lokasi

Pukul 16.30 wib Wagub beserta rombongan selesai tinjau lokasi. Selama giat berjalan aman dan lancar

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.