Breaking News

Munas Ke 3 Senkom Mitra Polri

Munas Senkom Ke 3

Munas ke 3 Senkom Mitra Polri

Untuk melihat hasil Munas ke 3 Senkom Mitra Polri, klik link di bawah ini 
Atau klik link dibawah ini, 

Munas Ke 3 Senkom Mitra Polri

Senkomsidoarjo.org | News Senkom, Kamis 11/05/2017, Munas 3 Senkom Mitra Polri - 
Peserta Munas mencapai angka 3.000 orang, berasal dari perwakilan pengurus di 34u propinsi, dan 495 kabupaten/kota yang kepengurusannya telah dilantik. Acara ini terselenggara berkat jiwa kesetiakawanan (Korsa) yang tinggi dan semangat gotong royong sebagaimana ciri khas Senkom,

Dalam Munas ke 3 Senkom Mitra Polri kali ini dengan mengambil tema " 13 Tahun Sentra Komunikasi Yang S.M.A.R.T ( Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely ) Dan Tangguh ". 
Munas Ke 3 Senkom Mitra Polri


Munas ke-3 yang dilaksanakan pada hari Rabu hingga Jumat nanti, selain dilaksanakan pemilihan Ketua Umum yang baru, disana juga akan melakukan gagasan baru dan rekomendasi untuk pemerintah yang meliputi masalah kamtibmas, kebencanaan, 
hankamnas, dan lain-lain. 


Munas Ke 3 Senkom Mitra Polri


Dalam pembukaan Munas ini, Kakor Bimas Baharkam Polri, Brigjen Pol. Arkian Lubis, menyampaikan tentang narkoba telah merajalela dimana-dimana sampai di tingkat RT.

“Saya lihat Senkom Mitra Polri tidak pernah mau rokok apalagi mau mendekati narkoba. Untuk itu, Senkom bisa membantu Polri untuk mendeteksi gangguan sosial diantaranya seperti kerusuhan, tawuran, dan narkoba,” ungkap Arkian Lubis ketika pembukaan Munas.


Peserta tak hanya melakukan sidang komisi dan pemilihan Ketua Umum, namun juga mendapatkan materi dari para narasumber yang terkait dengan Senkom Mitra Polri.
Para pemateri berasal dari berbagai lembaga negara diantaranya Mabes Polri, Kementerian Pertahanan, BNPB, Basarnas, dan BNN.
“Lembaga-lembaga tersebut kami libatkan dalam memberikan pengarahan kepada peserta Munas Senkom, sesuai dengan peran organisasi Senkom di tengah masyarakat. Baik dalam kamtibmas, sosial kebencanaan maupun Hankamnas,” ujar Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Muhammad Sirot.
H Sirot menjelaskan, kini Senkom semakin berkembang menjadi organisasi yang handal dalam membantu masyarakat, pemerintah dan polisi di bidang informasi kamtibmas, dan terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi anggotanya.

"Kami ini sipil, dan siapa saja bisa menjadi anggota Senkom, namun ada beberapa persyatan, diantaranya sudah memiliki pekerjaan tetap, dengan begitu bisa berkerja dengan maksimal," tambahnya.


Sebagai Mitra Polri, Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada.


Mahar Prastowo’ kepala Humas Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri memberikan penjelasan detail kepada media bahwa Senkom adalah suatu organisasi sosial Kemasyarakatan yang didirikan pada tahun 2004, di Prakarsai oleh beberapa tokoh pemuda yang didukung oleh para Purnawirawan TNI maupun dari Polri serta tidak berafiliasi / bukan underbow dari Partai Politik maupun ormas lain.


Sementara itu,  rasa bangga diutarakan Wakabaharkam Polri Irjen Pol Drs H Johny Wainal Usman, MM yang sangat mendukung adanya organisasi Masyarakat (Ormas) yang mau peduli akan gangguan kamtibmas.


"Saya atas nama pribadi dan atas nama Kepolisian mendukung kegiatan Senkom Mitra Polri ini, yang sudah sesuai dengan Undang-Undang dan petunjuk Kapolri, dengan adanya Polmas, apalagi Senkom ini sifanya nasional," katanya.


M. Sirot Dipercaya Kembali Memimpin Senkom Mitra Polri 

Jakarta, 11 Mei 2017 kemarin malam hingga pukul 24.00 WIB, berlangsung kegiatan pemilihan Ketua Senkom Mitra Polri periode bhakti 2017-2022. 

Kegiatan berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Suasana demikian panas dan alot, dalam sidang pleno ke-empat ini, saat penjaringan bakal calon, muncul empat nama kandidat yang akan bersaing mendapatkan kursi 'orang ke-1' di jajaran PP Senkom Mitra Polri. 

Calon-calon tersebut antara lain: Pertama, Ir. H. Lasidi Pribadi berasal dari Sumatera Selatan. Kedua, H.M. Husin berasal dari Tarakan Utara. Ketiga, Ir. H.Ahmad Sutrisno berasal dari Bali. Keempat, H.M. Sirot, S.H.,S.Ip., Mantan Ketua SENKOM dua periode berturut-turut. 

Pemungutan suara diikuti oleh perwakilan dari 34 Provinsi, Pemungutan suara hingga dilakukan sampai dua kali putaran. Dalam pemungutan suara putaran  pertama, kandidat satu dan dua mendapat suara berimbang, masing-masing enam suara, kandidat tiga memperoleh delapan suara, sedangkan incumbent mendapat 14 suara. 

Akhirnya, acara dilanjutkan dengan pemungutan suara putaran kedua dengan kandidat nomor urut tiga dan empat. Dalam sesi ini, kandidat nomor urut tiga memperoleh 11 suara, sedangkan suara sisanya 'diborong' kandidat nomor urut empat. 

Proses pemilihan yang berlangsung dua putaran, selesai hingga pukul 01.00 WIB. Suasana pemilihan Ketua baru diwarnai dengan ketegangan antar sesama pendukung calon kandidat.


Akhirnya, dari rangkaian panjang pemilihan Ketua umum Senkom Mitra Polri periode tahun 2017-2022, H. M.Sirot, S.H., S.Ip. (incumbent) terpilih kembali sebagai Ketua Umum Senkom Mitra Polri untuk masa bhakti 2017-2022.


Event lima tahunan ini merupakan wadah komunikasi keluarga besar Senkom Mitra Polri yang terdiri dari pengurus pusat dan 34 pengurus provinsi, 495 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.


Dalam keterangan persnya kepada para awak media, H. Muhamad Sirot, SH, S.IP mengatakan bahwa terkait sistem dan proses pemilihan ketum, dirinya menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada panitia dan tidak ikut campur dalam persoalan teknisnya, semua legowo menerima keputusan Munas.
“Meski alot dan sempat ada perdebatan serius, pemilihan Ketua Umum Senkom berjalan dengan lancar dan kondusif serta Munas terselenggara sesuai rencana,” tutur H. Moh Sirot kepada Demokrasi News, Jum’at (12/5/17) siang.
“Kita juga akan melakukan terobosan-terobosan exellent dengan melalui gagasan baru dan rekomendasi untuk pemerintah yang meliputi masalah Kamtibmas, Kebencanaan (Rescue), Hankamnas dan lain-lain,” ujar H.Moh Sirot.
“Dengan SDM yang ada dan hampir mencapai angka 2 juta anggota. Yang terbagi menjadi dua yaitu anggota yang sudah terlatih, dan siap diterjunkan apabila akan giat-giat Kamtibmas, Hankamnas dan Sosial Kebencanaan dengan jumlah sekitar 750 ribu anggota, tersebar di seluruh Kabupaten/Kota wilayah Indonesia,” paparnya.
Dan selama masa kepemimpinanya, Moh. Sirot juga menjelaskan bahwa kendala yang dialami sama seperti organisasi massa lainnya adalah anggaran.
“Hal ini menjadi perhatian serius jajaran pusat dan semoga pemerintah memahaminya. Karena setiap kegiatan baik itu Kamtibmas, giat Kebencanaan maupun Bela Negara semua anggaran biaya berasal dari Senkom,” ungkapnya.
Sementara itu Moh. Sirot juga mengatakan, terkait anggota binaan, yang merupakan anggota yang menunggu dalam proses pelatihan dalam mengatasi gangguan Kamtibmas, Kebencanaan SAR, dan Bela Negara, ”oleh karena itu dengan kepercayaan ini, 3 hal unggulan senkom akan selalu kami tingkatkan peran dan kerjasama dengan pihak terkait, dan bagi anggota Senkom dimanapun berada supaya tetap melaksanakan 6 sifat yaitu : Jujur, rukun, kompak, selalu kerjasama dalam hal yang baik, selalu amanah, kerja keras dan berhemat. Dan pada kesempatan Munas ke-3 ini yang terpilih kembali, Yakni, HM. Sirot yang Juga mendo’akan Untuk kemakmuran kita Bersama,” tandasnya.





Selamat dan Sukses kepada H. M. Siroj, SH, S.IP yang terpilih kembali menjadi Ketua Umum Senkom Mitra Polri Masa Bhakti Tahun 2017 - 2022 dalam Munas III Senkom Mitra Polri.


Kaledioskop Senkom Mitra Polri 2016

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.