Breaking News

Hari Bhakti Senkom Mitra Polri ke-13


Senkomsidoarjo.org | News Senkom, Sambutan Ketua Umum Senkom Mitra Polri
Dalam Rangka Pergantian Tahun 2016/2017
Dan Hari Bhakti Senkom Mitra Polri ke-13 (1 Januari 2004 - 1 Januari 2017)

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua. 

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, tuhan yang maha kuasa, karena hingga detik ini, kita dapat menjalankan kewajiban-kewajiban beribadah kepada-nya, kewajiban untuk keluarga, tempat kita bekerja, masyarakat, bangsa dan negara. 

Pada kesempatan pergantian tahun ini, saya selaku Ketua Umum Sentra Komunikasi (Senkom) mitra polri, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran Senkom Mitra Polri yang selama ini telah berpartisipasi aktif dalam turut menciptakan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, serta membantu lembaga-lembaganegara dalam menangani berbagai masalah kebencanaan, masalah hankamnas dan peran aktif lainnya terkait dengan stakeholder atau para pemangku kepentingan. 

Dengan partisipasi aktif Senkom Mitra Polri, tugas-tugas pemerintah bisa terbantu terutama dalam informasi-informasi deteksi dini kamtibmas, kebencanaan serta pertahanan & keamanaan nasional sehingga setiap gejala konflik dan kejadian-kejadian di masyarakat dapat cepat dilaporkan, diantisipasi, dilokalisir dan cepat mendapat penanganan. 

Dalam waktu 13 tahun atau sejak Senkom didirikan, tepatnya pada 1 januari 2004, kita telah berperan aktif dalam event-event besar nasional seperti cipta kondisi kamtibmas dan pengamanan lalu lintas arus mudik libur lebaran, libur natal dan tahun baru, serta pengamanan obyek vital, pengamanan VIP pejabat negara maupun tamu negara. 

Dengan persebaran anggota Senkom di seluruh wilayah negara republik Indonesia, Senkom Mitra Polri telah menjadi bagian potensi yang penting dalam mengawal setiap program pemerintah, terutama menjadi mitra bagi kepolisian di bidang kamtibmas, kemhan dan tni dalam hankamnas serta lembaga pemerintah lainnya, maupun mitra bagi masyarakat secara luas. 

Utamanya di bidang pertahanan nasional, personil Senkom Mitra Polri yang juga merupakan unsur ratih (rakyat terlatih) adalah menjadi kekuatan cadangan (kuatcad) bilamana negara membutuhkan. Hal ini harus menjadi catatan bagi kita semua akan pentingnya elemen masyarakat yang rela bekerja untuk membantu pemerintah dari sisi kamtibmas dan hankamnas, karena dengan kamtibmas dan hankamnas yang kondusif inilah maka akan tercipta stabilitas nasional yang kondusif. Dengan stabilitas nasional yang kondusif maka akan tercipta suatu kehidupan sosial, politik, ekonomi yang kondusif sebagaimana dicita-citakan dalam amanat pembukaan uud 1945. 

Dengan situasi rawan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat akibat ekskalasi politik yaitu pilkada serentak tahap kedua, serta gangguan keamanan oleh aksi-aksi kriminalitas dengan kekerasan, gerakan terorisme & radikalisme serta perdagangan gelap narkoba, Senkom tentu saja diharapkan dapat lebih meningkatkan peran dalam menginformasikan kejadian-kejadian atau gerakan-gerakan yang mencurigakan. Apalagi perangkat komunikasi Senkom Mitra Polri yang terdiri dari analog maupun digital atau perpaduan keduanya melalui rekayasa teknologi sehingga dari sebuah ht pun bisa untuk komunikasi nasional bahkan internasional. 

Dengan semakin besarnya Senkom, diharapkan kepada para stakeholder untuk dapat menjadi mitra strategis terutama dalam rangka peningkatan kemampuan personil dalam deteksi dini gejala gangguan kamtibmas, melaporkan kejadian-kejadian berpotensi konflik dan seterusnya, termasuk membentengi masyarakat dari informasi-informasi menyesatkan tentang berbagai hal yang dapat membuat rapuhnya persatuan dan kesatuan bangsa. 

Dengan menguasai informasi Senkom dapat membantu melakukan kegiatan kontra issue atas berbagai issue pesanan yang dilakukan pihak-pihak tertentu untuk melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara kita yang berpegang pada 4 konsesus kebangsaan : Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Keutuhan NKRI. 

Perlu saya sampaikan kembali bahwa agar mekanisme perekrutan yang sudah ada dijalankan sejak dari tingkat terbawah dalam merekomendasikan calon anggota baru, supaya nantinya pembinaan kepada anggota lebih mudah dilakukan karena mereka adalah merupakan kader-kader dan teladan di dalam masyarakat. 

Diantara persyaratan calon anggota yang penting dan selalu jadi acuan dalam rekrutmen antara lain calon anggota harus punya penghasilan, tidak menggunakan narkoba dan Moh Limo atau tidak melakukan 5 larangan yaitu tidak boleh main judi, tidak minum minuman keras, tidak madon (main perempuan), tidak maling/kriminil, tidak madat/menggunakan narkoba, dalam melaksanakan tugas tidak boleh merokok. Disamping itu juga harus mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus. 

Di tahun 2016 yang sebentar lagi akan terlewati, ini kita telah melaksanakan kegiatan Diklat Nasional Kamtibmas dan Bela Negara yang diikuti oleh 2. 080 (duaribu delapan puluh) perwakilan pengurus kab/kota dan provinsi di seluruh Indonesia, yang secara bersama-sama membiayai kegiatan ini. Dan menjadi ciri khas Senkom dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan dilakukan secara gotong royong. 

Dalam berbagai kegiatan ada saja kisah mengharukan dari anggota, misalnya ada yang di daerah cukup terpencil di perbatasan sehingga untuk berangkat diklat para anggota di daerah tersebut yang terdiri dari petani, nelayan, pedagang, buruh harus iuran, lalu dengan uang yang terkumpul itu mereka mengirim anggota yang diharapkan nantinya dapat menularkan ilmu yang di dapat kepada para anggotanya. 

Meski stakeholder menyatakan Senkom telah melakukan tugas-tugas negara dan seharusnya dibiayai negara. Tapi tetap pegang teguh prinsip kita adalah bukan mempertanyakan apa yang telah kita dapat dari negara, melainkan apa yang bisa kita lakukan untuk negara. 

Seperti dalam pergantian tahun 2016 ke tahun 2017 ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Senkom juga berpartisipasi pengamanan di seluruh tempat yang merupakan obyek vital dan obyek wisata di seluruh Indonesia. 

Mari terus gelorakan semangat dalam membangun kesadaran bersama masyarakat, bahwa kamtibmas, hankamnas atau bela negara, bahaya narkoba, serta masalah kebencanaan adalah tanggung jawab kita semua. 

Demikian sambutan dalam rangka pergantian tahun 2016 ke tahun 2017 ini, selamat bertugas kepada seluruh satgas pam libur akhir tahun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mohon maaf apa bila dalam sambutan ini ada hal-hal yang kurang berkenan. Dan tetap jaga enam sifat luhur Senkom: Rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, dan efektif efisien. 

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh. 

Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri
Muhamad Sirot, S.H, S.I.P
Ketua Umum

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.