Breaking News

Pembentukan Polisi Masyarakat Jalan Raya Sokaraja

       
      Senkomsidoarjo.org | Banyumas - Polri adalah alat negara yang bertugas sebagai Penegak Hukum, Pemelihara Kamtibmas, dan Pengayom masyarakat. Untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif, dengan rasio penduduk yang sangat tidak ideal yakni 1 polisi berbanding 1.400 orang, akan kurang optimal tanpa dukungan dan peran serta masyarakat. 


Dengan adanya Perpolisian Masyarakat yang dikemas dalam Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) cukup memberikan sumbangan positif bagi terciptanya kamtibmas yang kondusif. Tujuan akhirnya adalah agar masyarakat menjadi pihak atau orang yang peduli akan keamanan. 



Polmas untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban tidak lepas di dalamnya adalah jalan raya, tercetuslah Polmas Jalan Raya. Apalagi akhir-akhir terjadi kasus-kasus kejahatan jalanan. 

Untuk Itu Sokaraja sebagai Mempuyai terobosan kreatif berupa Polmas Jalan Raya di mana Sokaraja adalah menjadi Etalase keluar dan masuknya masyarakat dari dan ke Purwokerto yang semakin hari semakin heterogen.Untuk itu, dibentuklah Polmas Jalan Raya yang melibatkan Linmas, bergagai Ormas, Tokoh kepemudaan, Mahasiswa, KNPI, termasuk Senkom Mitra Polri yang sudah rutin bergabung dalam PAM Lebaran, Natal dan Tahun Baru. 

Kapolsek berharap Senkom sebagai Mitra Polri bisa berperan lebih, tidak hanya musiman tetapi berkelanjutan melalui salah satu tupoksi Senkom melalui jaringan Komunikasi. Demikian dikatakan Kapolsek Sokaraja-Polres Banyumas, Jawa Tengah Iptu Pujiono sebagai Inspirator dibentuknya Polmas Jalan Raya. “Jalan ini merupakan jalur utama keluar atau masuk Purwokerto dari arah timur,dan lokasi tersebut juga kerap dijadikan arena balap liar pada malam hari,” Untuk mengatasi hal itu kapolsek memberdayakan masyarakat untuk turut serta menjaga lokasi tersebut. “Mereka akan bertugas secara bergantian selama 24 jam. Pihaknya juga menempatkan anggota polsek setempat setiap hari. Pos ini sekaligus sebagai pos pengawasan lalu lintas, karena arus kendaraan yang melintas padat,” tandasnya.

Untuk membantu kelancaran operasional Pos Polmas di Jalan Soepardjo Rustam tersebut dan meningkatkan peran Senkom sebagai “Duta Kamtibmas”, ketua Senkom Senkom Mitra Polri Kabupaten Banyumas Suprapto,S.Pd menginstruksikan kepada Ketua Pengcam Senkom Sokaraja, Parmono,S.E. untuk siap berpartisipasi menyusun jadwal penugasan PAM selama Posko masih beroperasi dan menempatkan Poster Waspada Begal Motor di sisi jalan. Selain itu, guna menunjang kelancaran dan kecepatan komunikasi, Senkom Banyumas men-stanby-kan RPU Senkom Banyumas di Jalur Sebra yang terpantau langsung dan dapat berkomunikasi dengan Sebra Induk.   

Kapolres Banyumas AKBP Murbani Budi Pitono yang hadir dalam Lounching Polmas Jalan Raya (Senin, 13/4/15) tersebut mengemukakan, pos itu untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat mengadukan tindak kejahatan yang terjadi ke pos tersebut. ”Masyarakat tidak terlalu jauh melaporkan kejadian tindak kejahatan di Sokaraja. Masyarakat akan lebih dekat dan cepat melaporkan kejadian, karena anggota yang bertugas di pos akan siap melayani masyarakat,” paparnya. Dia berharap, dengan adanya pos tersebut dapat meningkatkan ketenteraman masyarakat. ”Pos Polmas yang kami bangun ini untuk meningkatkan kemanan dan ketenteraman masyarakat di wilayah hukum Polsek Sokaraja,” imbuh dia.

Dalam kesempatan lain, Kapolsek Sokaraja Iptu Pujiono, S.H. bersama para tokoh pemuda dan Ketua Senkom Mitra Polri mensosialisasikan Polmas Jalan Raya tersebut dalam acara “Enyong Bae Polisi”di Banyumas TV.
Sumber >>>>>>>


(Sumber : Bidang PHA Senkom Mitra Polri Kabupaten Banyumas)

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.