Breaking News

Pembukaan Rakernas I Senkom Mitra Polri

Brigadir Henki Kaluara saat sambutan pembukaan
SenkomSidoarjo.org | Jakarta - Brigadir Jenderal Hengkie Kaluara Direktur Bina Masyarakat Markas Besar Kepolisian, mewakili Kapolri Jenderal Sutarman memukul gong tanda dimulainya Rakernas I Senkom Mitra Polri di Gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah, Selasa pagi (10/6).

Pembukaan Rakernas Senkom
1000 peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia yang menghadirkan 5 utusan tiap provinsi, ketua Senkom Kabupaten/kota dan 1 orang peninjau dan anggota Senkom dari Jabodetabekser untuk mengikuti Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke-1 Senkom Mitra Polri, Selasa (10/6).
Penandatanganan MoU BNPB dengan Senkom

Dalam sambutannya Dirbinmas mengatakan, setiap anggota Senkom Mitra Polri yang ada di seluruh nusantara dapat melaksanakan peran dan fungsinya bersama-sama dengan masyarakat untuk membantu mensosialisasikan tugas dan kegiatan kepolisian dalam terwujudnya situasi keamanan yang kondusif dengan menyelenggarakan sistim keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa, ini dengan kesadaran dan keinginan sendiri serta bagaimana memecahkan masalah-masalah sosial di masyararakat selanjutnya menyelesaikan permasalahan di tingkat masyarakat itu sendiri. Permasalahan kecil segera bisa diatasi sehingga tidak menjadi besar yang bisa menimbulkan kegelisahan, keresahan dan tentunya jika tidak bisa diatasi akan menimbulkan kerusuhan.
Karena permasalahan yang terjadi bisa menimbulkan gangguan yang akan menghambat pembangunan nasional dan ketenteraman di masyarakat apabila tidak segera ditangani secara serius dan professional. 

Di sisi lain keterbatasan sumberdaya adalah hambatan di internal dalam pembinaan kamtibmas, hal ini dapat terbantu dengan adanya partisipasi masyarakat  sebagai mitra polri dalam pembinaan kamtibmas, tambah beliau.

Senkom Mitra Polri adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat independen  mandiri dan bukan partisan atau underbow dari partai atau ormas lain. Saat ini Senkom sudah ada di 34 povinsi dan 491 kab/kota seluruh Indonesia dengan jumlah yang terdaftar dan berkartu tanda anggota sebanyak 1,7 juta ditambah perekrutan tahun 2013 sebanyak 360.000 personil baru, kata H. Muhammad Sirot, SH dalam sambutannya saat pembukaan.
Karangan Bunga dari Kapolres Sidoarjo

Dikatakan lagi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Senkom Mitra Polri yaitu  partisipasi aktif dalam tugas-tugas pemerintah terutama dalam informasi-informasi deteksi dini kamtibmas, kebencanaan serta pertahanan & keamanaan nasional  sehingga setiap gejala konflik dan kejadian-kejadian di masyarakat dapat cepat dilaporkan, diantisipasi, dilokalisir dan cepat mendapat penanganan. 


Dalam sambutan H. Untung Maulana, SH ketua panitia menyampaikan bahwa tema Rakernas ini adalah, Dengan Rakernas Kita Tingkatkan Soliditas serta Perhebat Peran dalam Kamtibmas, Kebencanaan dan Bela Negara.
Pada Rakernas ini juga dicapai Kesepakatan Kerjasama / Nota Kesepahaman / Memorandum Of Understandyng antara Senkom Mitra Polri dengan:
-    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
-    PT. Global Green Indonesia, pelopor Kamtibmas Monitoring Centre (KMC)

-    Badan Narkotika Nasional, namun penandatangann MOU akan dilakukan bersamaan dengan organisasi lain.

Pada Rakernas ini juga disematkan tanda jabatan yang diberikan kepada Ketua Senkom Provinsi, Kabupaten/Kota yang diwakili oleh Ir. Nuradi M. Eng. ketua provinsi DKI.
Nampak juga berbagai karangan bunga dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kapolri, Panglima TNI, Kapolres Sidoarjo, berbagai Instansi dan lainnya.(wg)
 

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.