Breaking News

Aktif Penanggulangan Bencana, Senkom Rescue Terima Penghargaan dari BNPB

Senkomsidoarjo.org | Jakarta - BNPB (Badan Penanggulangan Bencana Nasional) memberikan penghargaan kepada Senkom Mitra Polri  atas peran aktifnya Senkom di seluruh Indonesia dalam penanggulangan bencana, penghargaan diserahkan oleh Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif,M.Si dalam malam ramah tamah Rakornas BNPB, di Gedung Bidakara, Jakarta malam tadi, Selasa (11/3).

Ketua Umum Senkom Mitra Polri, HM.Sirot, SH.SIP mengatakan bahwa dengan penghargaan ini akan dijadikan pemicu bagi Senkom untuk terus meningkatkan peran aktifnya dalam kebencanaan. Selama tahun 2013 hingga triwulan I tahun ini Senkom melaksanakan kegiatan diklat di tingkat propinsi diikuti perwakilan tingkat kabupaten/kota dan kecamatan, dan dalam setiap pelatihan itu salah satu materi adalah penanganan bencana yang diisi oleh masing-masing BPBD dan Basarnas.

“Kami terus berupaya meningkatkan keterampilan anggota terutama dalam penanganan bencana, karena bencana itu bisa datang sewaktu-waktu dan kita harus sudah mempersiapkan diri agar tidak terjadi korban lebih banyak,” ungkap HM Sirot.

Senkom Mitra Polri divisi rescue yang biasa disebut Senkom rescue diresmikan pada 1 Januari 2005 atau setahun setelah Senkom di dirikan. Dengan semboyan “Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan” Senkom Rescue terbagi dalam beberapa sub gugus tugas atau klaster, dari komunikasi, dapur umum, kesehatan, kedaruratan hingga trauma center pasca bencana.
“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan, yang merupakan pencapaian dari kinerja teman-teman di lapangan yang tanpa pamrih setiap ada bencana langsung terjun, bahkan kalau belum ada logistik kedaruratan tak segan mereka membawa apapun yang ada di rumah, atas nama Ketua Umum Senkom Mitra Polri saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Senkom Mitra Polri di manapun berada,” ujar Sirot.

Senkom mitra polri berdasar catatan kementerian komunikasi dan informasi (kominfo) hingga tahun 2013 lalu memiliki anggota sebanyak 1,7 juta di 485 kabupaten/Kota, dan terus bertambah seiring dengan rekrutmen anggota baru dalam rangka regenerasi tahun 2013/2014 sebanyak 66 ribu personil, di 23 ribu titik.

Disamping membantu BNPB dalam kebencanaan, Senkom mitra polri setiap hari melakukan laporan situasi kamtibmas pagi dan malam hari yang diikuti para anggota yang piket dan jajaran Polri. 

Daftar Penerima penghargaan:
  1. Penghargaan Khusus dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas, diberikan kepada Kepala BPKP, Prof.Dr . Mardiasmo,AK,MBA,CA;
  2. Penghargaan Khusus untuk Peran Pemerintah dan Masyarakat Jawa
  3. Timur,diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dr.H.Soekarwo,SH,M.Hum;
  4. Penghargaan Peran Aktif dalam Bidang Kebencanaan, diberikan kepada Gubernur Sulawesi Utara,Dr.Sinyo Harry Sarundajang;
  5. Penghargaan Kategori Partisipasi Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana, diberikan kepada ;  - Garuda Indonesia
    - Telkomsel
    - Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC)
    - Senkom Mitra Polri Pusat
    - Resimen Mahasiswa Jayakarta
(R10)
SUmber: www.senkom.or.id

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.