Breaking News

Tegakkan Kamtibmas, Polda Sumbar Gelar Talkshow

Senkomsidoarjo.org | Padang : Talkshow Peran Masyarakat Dalam Penegakan Kamtibmas digelar POLDA Sumatera Barat bersama Senkom Mitra Polri di Radio Sushi FM - 99,1 FM (8/5/13).

Hadir dalam talksahow ini Dir. Binmas Polda Sumbar Kombes Pol. Drs Imron Korry, Kabid. Humas Polda Sumbar AKBP M. Sugianto, Ketua Senkom Prov. Sumbar M. Ari Sultoni, SH, Ketua Senkom Kota Padang H. Muhammad Abdillah, SE, Sekretaris FKPM Kota Padang H. Muchfiandi, SKom dan beberapa pengurus Senkom Prov. Sumatera Barat.


 Kombes Pol. Drs Imron Korry mengatakan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah suatu kondisi dinamis dalam masyarakat, dimana adanya perasaan yang aman dan tentram, bebas dari ancaman atau gangguan dan terjamin ketertiban/keteraturan. Jadi disinilah sebenarnya peran masyarakat dalam penegakan kamtibmas menjadi polisi bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakatnya.


Sementara itu AKBP M. Sugianto menambahkan Polri memfasilitasi dan memotivasi masyarakat untuk melakukan identifikasi permasalahan dan mencari solusi / pemecahan permasalahan itu sendiri. Polri dan masyarakat bersama-sama menggali potensi yang ada di dalam masyarakat itu sendiri.

Keterkaitan Senkom Mitra Polri dalam penegakan kamtibmas adalah melaksanakan fungsi sebagai Polisi Masyarakat (Polmas) di komunitas masing-masing (apabila sudah berada dalam komunitas), sedangkan anggota Senkom yang belum berada di komunitas maka dianjurkan untuk bergabung pada komunitas yang belum ada anggota polrinya.

Fungsinya agar sosialisasi tentang kamtibmas ini dapat dengan mudah tersampaikan pada seluruh lapisan masyarakat sehingga penanggulan dari pencegahan awal terjadi gangguan kamtibmas dapat teratasi dengan cara bimbingan dan penyuluhan, pendidikan, pengayoman dan nasehat-nasehat.

Menurut ketua Senkom Prov. Sumatera Barat, M. Ari Sultoni, SH, salah satu wujud nyata peran Senkom Mitra Polri di Sumatera Barat dalam membantu menciptakan Kamtibmas, yaitu Seminar Sehari SENKOM MITRA POLRI bekerjasama dengan POLDA dan BNN Prov. Sumatera Barat, (30/4/2013).

Selain itu kami juga aktif membantu masyarakat yang tertimpa bencana seperti gempa bumi, banjir, galodo, dll. Senkom Mitra Polri juga tidak hanya eklusif bermitra dengan kepolisian, kami juga bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan lainnya seperti BNPB, BNN, FKPM, dan lain sebagainya pungkas Ari Sultoni. (RW-Senkom Padang)

sumber : www.senkom.or.id
Editor: Yusuf EM

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.