Breaking News

Poskamling Harus Kembali Difungsikan

senkomsidoarjo.org - Poskamling mempunyai filosofi memobilisasi komunitas masyarakat yang sangat heterogen dengan berbagai persoalan, sehingga keberadaan poskamling sangat diperlukan. “Untuk itu saya minta masyarakat kembali aktifkan siskamling karena ini salah satu upaya untuk memelihara rasa persatuan dan kesatuan menuju lingkungan yang tertib, aman, tentram dan damai,”kata Kapolres Rembang AKBP Adhy Fandy Ariyanto

 
Kapolres Rembang AKBP Adhy Fandy Ariyanto minta masyarakat di lingkungan hukum kerjanya agar meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Keberadaan pos keamanan lingkungan (poskamling) yang sekarang ditinggalkan, diimbau kembali difungsikan sebagaimana fungsinya.
  
“Tujuannya untuk meningkatkan keamanan daerah masing-masing. Dengan adanya poskamling bisa menjadi media antara pihak kepolisian dengan masyarakat dalam berkoordinasi ihwal situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) setempat,” ungkap AKBP Adhi Fandi Ariyanto. 

Menurut AKBP Adhi Fandi Ariyanto, jika poskamling berfungsi baik digunakan sebagai tempat berkumpilnya warga yang mendapat giliran menjaga kemanan wilayah setempat, aparat kita bisa lebih intens berkoordinasi. ”Misalnya, hari ini siapa yang giliran jaga, petugas yang sedang melakukan patroli bisa berkomunikasi tentang perkembangan situasi sehingga kalau ada hal-hal yang terjadi gampang untuk ditangani,” paparnya. 

AKBP Adhi Fandi Ariyanto lebih lanjut menyampaikan, mengantisipasi masalah kamtibmas tidak hanya dilakukan pihak kepolisian saja. Memerlukan keterpaduan seluruh lapisan masyarakat guna membantu dan menopang tugas-tugas Polri dalam bidang Kamtibmas. “Salah satunya masyarakat juga bisa menjadi polisi bagi diri dan lingkungannya. Seperti mewaspadai semua aktivitas di malam hari di limgkungannya, memperhatikan dan mengantisipasi hal-hal yang bisa mengancam keselamatan warga pada umumnya,” cetusnya. 

Ditambahkan AKBP Adhi Fandi Ariyanto, pada intinya partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui siskamling merupakan wujud nyata kesediaan masyarakat untuk ikut serta memikul tanggungjawab kamtibmas sebagai tugas bersama,. ”Dengan begitu menunjukkan bahwa masyarakat telah melaksanakan kamtibmas swakarsa yakni keikutsertaan masyarakat memikul tanggungjawab bersama mengamankan diri dan lingkungan berdasarkan kehendak dan kemauan sendiri,” ujarnya.*



Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.