Breaking News

LATGAB RELAWAN PENANGGULANGAN BENCANA, KERJASAMA BNPB DAN KOLINLAMIL

Deputi 1 BNPB bersama Sekjen Senkom Mitra Polri

SENKOM SIDOARJO - Latihan gabungan relawan (28 – 31 Mei 2011) diselenggarakan BNPB dan TNI-AL khususnya Kolinlamil yang diikuti sebanyak 250 orang, terdiri atas nara sumber, pelatih, dan fasilitator 35 orang, serta relawan 215 orang diantaranya 5 perwakilan dari Senkom Mitra Polri yaitu H. Heriyanto, M. Hasan, Muhamad Ikhsan, Imron, dan Bima.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif, M.Si. sekaligus sebagai inspektur upacara dalam apel siaga Latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia bertempat di Markas Komando Lintas Laut Militer/Kolinlamil, Senin (30/5). Seusai apel siaga Kepala BNPB melepas para relawan yang akan berlatih dalam upaya penanggulangan bencana di Pulau Damar. 

Dalam sambutannya, Syamsul Maarif mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan kesiapsiagaan, mengingat wilayah Indonesia rawan bencana, baik bencana alam, non-alam, dan sosial.

Lukman Abdul Fatah saat menerangkan Senkom Information Center
Peserta Latihan Gabungan saat upacara
Foto bersama peserta latihan gabungan
Kecepatan respon dalam menangani bencana maupun koordinasi dan integrasi antara semua pihak yang terlibat merupakan langkah antisipasi kita dalam menghadapi bencana di kemudian hari, “tambah Syamsul Maarif.

Relawan diharapkan dapat melaksanakan tindakan penanggulangan bencana dan koordinasi awal pra bencana, tanggap darurat, hingga pasca bencana. 

Latgab ini meliputi beberapa materi antara lain kebaharian dan jungle survival, penguatan cluster relawan, dan tsunami drill. 

Latar belakang penyelenggaraan latgab ini antara lain, pertama, meningkatkan kapasitas potensi relawan dari berbagai profesi atau cluster skill termasuk kemampuan personel militer dalam penanganan bersama dengan organisasi kerelawanan. Kedua. meningkatkan kerjasama yang solid dan loyal antara relawan dengan personel militer dalam penanggulangan bencana.

Latihan gabungan (latgab) ini merupakan bagian dari langkah kesiapsiagaan BNPB dan instansi atau lembaga terkait dalam penanggulangan bencana di Indonesia. (SENKOM SIDOARJO – WAK GENOK)

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.