Breaking News

Senkom Hadiri Launching PMC

   Untuk meningkatkan kerjasama Polres Sidoarjo, Senkom Mitra Polri dan semua masyarakat Sidoarjo, terutama agar Sidoarjo tidak tersusupi oleh teroris, maka Polres Sidoarjo membuka PMC. Sejalan dengan semangat Polri yang terus berbenah dan meningkatkan layanan publik. Sejumlah inovasi terus dilakukan, Polres Sidoarjo memberanikan diri untuk melakukan sebuah langkah kecil dengan membentuk PMC (PreventiveManagement Center).
   Karena bagaimanapun juga peran masyarakat dalam membantu kamtibmas seperti Senkom Mitra Polri perlu diberi penghubung, agar informasi yang ada di masyarakat segera tersampaikan ke Polres.
Konsepnya sederhana saja, menyatukan semua layanan kepolisian. Mulai dari pelaporan publik, pusat komando, pusat pengendalian, pusat pengawasan, pusat kontrol lalu lintas dengan 20 buah CCTV warna real time, dan pusat database dalam satu sistem yang terintegrasi. Tujuannya cuma satu: Polres Sidoarjo, ingin meningkatkan layanan publik terhadap masyarakat. Baik itu di bidang pengamanan, pengawasan, maupun pengaduan.
Kapolres Sidoarjo menerima Sertifikat ISO 9001 : 2008 dari Kapolda Jatim

   Kehadiran PMC ini sangat penting, mengingat ada beberapa kendala yang kemudian menjadi pemicu dan pemacu] terwujudnya sistem keamanan yang satu ini. Diantaranya, pada rasio jumlah anggota kepolisian dengan jumlah warga Sidoarjo yang tak berimbang, mencapai 1:1400 dari yang seharusnya 1:200. Kemudian, dinamika masyarakat Sidoarjo sebagai Kota Satelit dari Kota Surabaya, sekaligus merupakan kota penggerak pembangunan bagi kota-kota di sekitarnya, yang akan selalu bergerak maju dan dinamis tentunya membutuhkan upaya-upaya pengamanan yang bersifat pencegahan dini [preventif).
Kapolda Jatim meresmikan PMC disaksikan Kapolres dan Bupati Sidoarjo

   Seiring dengan perkembangan jaman, peralatan Teknologi Informasi /Tl juga wajib diintegrasikan pada pelaksanaan sistem PMC sebagai langkah solutif / problem solving pada setiap kesatuan di Polres Sidoarjo. Sebagai penguatan dari Program Sidoarjo EASY yang sebelumnya telah dirasa komplit dan inovatif (khususnya pada bidang lalu lintas), kehadiran PMC ini pun semakin memudahkan penanganan keamanan oleh kepolisian, semakin menjamin adanya rasa aman dan nyaman pada warga, serta menjadi pilihan solusi pengamanan yang lebih variatif. Sistem pelayanan ini telah mendapat Sertifikat ISO 9001 : 2008 sebagai bukti pelayanan prima dari PMC.

Kapolda Jatim menyaksikan operational PMC

   Secara rinci, varian sistem PMC ini adalah layanan pengaduan dan panggilan darurat melalui [1 ] Telepon [Call Center), [2] SMS [Short Message Service/ pesan singkat), [3) CCTV [Closed Circuit Television) Monitoring, [4) GPS [Global Positioning System), [5) Sistem Alarm, [6] Website [termasuk pada penggunaan akun Facebook dan Twitter), hingga [7) Informasi Kepolisian.
   Semua jenis sistem pelayanan ini terintegrasi pada 1 tempat di Mapolres Sidoarjo dan dapat terkoneksi dengan pihak manapun yang membutuhkan di wilayah Kabupaten Sidoarjo.
   Sistem pelayanan kepada masyarakat yang berbasis TI pun lahir sebagai ‘buah’ manajemen repot yang diterapkan Kapolres Sidoarjo AKBP Mohammad Iqbal, SiK. Diharapkan, “buah” yang telah siap menjadi “bibit” untuk disemai ini bakal membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Sidoarjo.
Yusuf EM saat menyaksikan PMC dari dekat
Operator PMC bersama Senkom Mitra Polri
Ruang PMC
Senkom Mitra Polri di depan Gedung PMC
  
   Dalam pengelolaan PMC yang kini di bawah komando Kabag Ops Kompol Andy Arisandy, SiK dan Kasat Lantas AKP. Ahrie Sonta SH, SiK. dapat berjalan lebih efektif, efisien, tepat guna dan tepat sasaran dalam mewujudkan tugas-tugas kepolisian di Sidoarjo. 
    Terlebih dengan dukungan dari Kapolda Jatim yang telah meresmikan PMC ini Senin (30/8/2010) di Polres Sidoarjo, yang disaksikan oleh jajaran Muspida, Senkom Mitra Polri serta masyarakat Sidoarjo *Jatim10.07, foto: jatim 10.4.11)

Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue Designed by webseotrix Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.